Tidak Bisa Instal USBASP/ISP di Windows dan Download? Ini Caranya

Indobot Academy

Hallo jumpa kembali dengan Indobot ?? Di sini saya akan memberikan tutorial cara instal USBasp / ISP. Buat kalian yang belum paham apa itu USB ASP Minbot akan kasih penjelasan sedikit sebagai intronya

Apa Itu USBASP

USB ASP (USB AVR Serial Programmer) adalah alat pemrogram mikrokontroler AVR yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan mikrokontroler AVR melalui koneksi USB. Alat ini umumnya di gunakan oleh para pengembang elektronik yang ingin memprogram mikrokontroler AVR, seperti yang di gunakan pada Arduino, dengan menggunakan komputer.

Dengan menggunakan USB ASP, pengguna dapat mengisi kode program ke dalam mikrokontroler AVR dengan mudah melalui koneksi USB tanpa perlu menggunakan alat pemrograman tambahan seperti JTAG atau ICSP. Selain itu, USB ASP juga umumnya lebih murah dan mudah di dapatkan di bandingkan alat pemrograman AVR lainnya.

Tidak Bisa Instal USBASP/ISP di Windows dan Download? Ini Caranya

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Cara Menginstall USBAsp di Windows

Berikut langkah – langkahnya :

  1. Pastikan anda sudah memiliki USBASP. Jika belum bisa klik di sini.
  2. Download USBASP/ISP Driver pada file ProgISP. Klik Di sini.

Baca Juga Download Software Proteus untuk Windows

Untuk windows 8/10. caranya ikuti langkah ini.

  1. Hubungkan USBASP/ISP kePC/laptop.
  2. Masuk di Device Manager dengan cara click kanan My computer ? manage ? device manager. Lihat apakah sudah ter-instal atau belum. Jika terdapat tanda “!” (seru) berarti USBasp belum ter-instal.
  3. Untuk Windows 8 dan 10, masuk di PC Settings / Change PC Settings kemudian pilih Update and Recovery ?  Recovery ? Restart Now yang ada di bawah Advanced Startup. Pilih troubleshootAdvanced optionsStartup Settings. Kemudian klik “Restart”, pilih “Disable Driver Signature Enforcement”.
  4. Meng-instal USBasp, masuk di Device Manager doubleclick pada USBasp ? Update Driver?Browse my computer for driver software  ? cari letak penyimpanan folder “USBasp-win-driver-x86-x64-v3.0.7-IndoBot” ? OK, kemudian beri tanda “V” (centang) pada kotak include subfolders?Next, tunggu hingga proses selesai. Saat sudah selesai maka USBasp akan terdaftar dan berganti menjadi .
  5. Tidak punya driver?? download disini

Terima kasih telah mengunjungi website kami

 

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp