Tidur Siang Bisa Cegah Pikun, Berani Coba di Kantor?

Indobot Update

Tidur Siang Bisa Cegah Pikun, Berani Coba di Kantor?
Tidur Siang Bisa Cegah Pikun, Berani Coba di Kantor?

Hai Fanbot! Siapa nih yang suka banget ngantuk dan tidur siang? Apa kamu salah satunya yang sering mengantuk di kantor? Berani coba?

Sebuah studi yang dilakukan oleh University College London mengungkap bahwa tidur siang dapat mencegah penyusutan otak dan alzheimer. Studi itu dilakukan dengan melibatkan 35.000 orang dari jenjang usia 40-69 tahun yang suka tidur siang dan tidak. Hasilnya didapati responden yang suka tidur siang memiliki 15 sentimeter kubik volume otak lebih banyak dari yang tidak suka tidur siang.

Baca Juga : Dian Sastro Jadi Dosen di UI, Mahasiswa Auto Semangat

Fyi, penyusutan otak adalah kondisi yang umum dihadapi manusia karena proses penuaan. Proses penyusutan otak dapat menyebabkan penurunan daya ingat pada manusia. Lewat studi tersebut dibuktikan bahwa tidur siang dapat membuat manusia dapat mempertahankan volume otak lebih lama dan mencegah terjadinya penurunan daya ingat karena alzheimer.

Baca Juga : Contoh Surat Permintaan Barang Alat Tulis Kantor

Nah, jadi sebetulnya tidur siang memiliki manfaat yang banyak khususnya untuk kemampuan berpikir dan ingatan kita nih. Jadi, Fanbot jangan sampai lewatkan tidur siang ya. Minimal Fanbot bisa tidur dengan cukup sesuai dengan anjuran waktu ideal tidur yaitu 8 jam ya Fanbot!

Tapi, Fanbot gak perlu khawatir, karena Minbot menyiapkan tips and trick untuk kalian jika ingin istirahat di kantor.

Tips and Trick istirahat di kantor:

Jangan Menyia-nyiakan Waktu Istirahat

Sebenarnya tidak ada satupun perusahaan yang melarang pegawainya saat jam istirahat. Istilah kasarnya “terserah kamu mau buat apa yang penting jam istirahat habis kamu kembali bekerja”. Sayangnya, banyak pekerja yang justru memanfaatkan ini untuk tidur secara berlebihan.

Kamu harus sadar kalau kamu tidak sedang berada di rumah, tapi kamu berada di tempat kerja. Itu berarti kamu tidak bisa tidur semaunya. Hanya saja, selalu ada akal busuk yang kerap terlintas. Bahkan faktanya, banyak pekerja yang menghabiskan 1 jam istirahat untuk tidur dan di jam seharusnya ia bekerja ia justru gunakan untuk makan. Hal ini pasti salah.

Nah, langkah terbaik adalah dengan tidak menghabiskan jam istirahat kamu untuk makan apalagi tidur. Atur waktu, kamu bisa gunakan waktu untuk makan atau tidur selama beberapa menit.

Atur Alarm Sebelum Tidur

Ya, kamu punya ponsel pintar atau kalau memang perlu sediakan jam alarm di meja kerja kamu. Atur alarm sebelum kamu mulai menutup mata, sekitar 15 menit atau paling lama 20 sampai 25 menit. Waktu tersebut adalah waktu paling ideal agar kamu mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

Baca Juga : Setting Meja Kerja Kantor Minimalis Biar Makin Produktif

Cari Tempat yang Tidak Berisik dan Gelap

Cahaya lampu akan sangat mengganggu waktu tidur kamu. Untuk itu, agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas di tempat kerja kamu, carilah tempat yang gelap atau paling tidak cahaya yang minim. Kalau memang tidak ada, kamu bisa menggunakan penutup mata.

Tapi, kalau kamu sedang bekerja di kantor jangan sekali-kali tidur ya Fanbot! haha. Usahakan kamu untuk mencari waktu luang dan kosong untuk sejenak beristirahat yang cukup supaya fresh kembali.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp