Tips Agar Posisi Pekerjaan Tidak Tergusur oleh Fresh Graduate

Indobot Academy

tips menjaga posisi jabatan dari ancaman fresh graduate

Menjaga posisi pekerjaan setelah bertahun-tahun bekerja bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja kantor. Mereka tidak hanya harus bersaing dengan rekan-rekan seangkatannya yang berusaha meningkatkan karir mereka tetapi juga ancaman orang-orang baru yang baru masuk ke perusahaan, seperti fresh graduate.

[lwptoc]

Meskipun fresh graduate belum memiliki pengalaman bekerja yang mumpuni, Anda tidak boleh terlena, karena umumnya kemampuan teoritis dan aplikatif anak-anak baru ini lebih hebat dari rekan-rekan seangkatan Anda. Hal ini karena mereka telah mendapatkan pengetahuan keilmuan yang lebih baru dari kampus mereka. Tidak jarang, beberapa pekerjaan rutin Anda akan lebih mudah diselesaikan oleh mereka.

Tips Menjaga Daya Saing Bekerja di Kantor

Di sisi lain, ini baik untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, di sisi yang lain, kemampuan Anda akan mulai dipertanyakan dengan seiring meningkatnya keahlian serta pengalaman mereka terlibat dalam proyek-proyek perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan strategi dan tindakan yang tepat untuk mempertahankan posisi pekerjaan tersebut.

Pahami Ekspektasi Perusahaan Anda

Pertama-tama, penting untuk memahami ekspektasi dari perusahaan tempat Anda bekerja. Setiap perusahaan memiliki budaya dan aturan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang diberikan, serta berusaha menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. Hindari melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan etika kerja dan aturan perusahaan, serta jangan malas dalam bekerja.

Baca Juga Di Masa Depan Robot Akan Gantikan Dokter

Pertahankan Hubungan Komunikasi dengan Atasan dan Rekan Kerja

Komunikasi juga merupakan kunci penting untuk mempertahankan posisi pekerjaan. Terus terhubung dengan atasan dan rekan kerja Anda, dan jangan ragu untuk meminta bantuan atau nasihat jika Anda membutuhkannya. Tetap profesional dalam komunikasi Anda, dan hindari terlalu banyak menggunakan media sosial selama bekerja.

Jangan Ragu Meminta Umpan Balik dari Atasan

Selain itu, jangan ragu untuk mencari umpan balik dari atasan atau rekan kerja Anda. Umpan balik dapat membantu Anda memahami kekuatan dan kelemahan Anda dalam bekerja, serta memberikan kesempatan untuk memperbaiki kinerja Anda. Berusaha untuk menjadi seorang pekerja yang produktif, kreatif, dan terus belajar akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mempertahankan posisi pekerjaan.

Terus Memberikan Kontribusi Pada Tim

Tips Agar Posisi Pekerjaan Tidak Tergusur oleh Fresh Graduate

Selalu berusaha untuk memperkuat hubungan dengan rekan kerja Anda. Jangan menjadi individu yang terlalu mengejar kesuksesan sendiri, tetapi menjadi bagian dari tim yang solid dan saling mendukung. Bekerja sama dengan rekan kerja dan berusaha untuk memberikan kontribusi terbaik Anda dalam tim akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mempertahankan posisi pekerjaan Anda.

Tingkatkan Keterampilan Anda

Selain itu, Anda juga harus terus berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan Anda. Ikuti pelatihan atau seminar, baca buku atau artikel, atau lakukan kursus online untuk meningkatkan keterampilan Anda. Hal ini akan membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja, serta memberikan keuntungan dalam jangka panjang.

Anda bisa memperbaharui keterampilan Anda di bidang teknologi, terutama Artificial Inteligence maupun Internet of Things yang dapat membantu Anda memiliki value lebih di dalam perusahaan. Anda adalah experienced worker yang memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi menangani berbagai masalah di kantor, itu sebabnya Anda bisa mengikuti training intensif seperti Bootcamp IoT Engineer Class yang cocok untuk pekerja profesional seperti Anda.

Baca Juga Mengenal Level Kemahiran IoT

Secara keseluruhan, mempertahankan posisi pekerjaan dan menunjukkan kemampuan yang memuaskan dibanding rekan-rekan kerja Anda sangat membutuhkan kerja keras, keterampilan, komunikasi yang baik, dan kerjasama yang solid. Dengan mengikuti saran-saran di atas, Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk tetap menjadi bagian dari perusahaan dan mendapatkan kesuksesan dalam karir Anda.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp