Tips dan Trik Modifikasi Judul Skripsi IoT menjadi Skripsimu

Indobot Update

Halo Fanbot para pejuang skripsi. Sudah sampai mana skripsi anda?

Jangan dibawa pusing apa lagi menyerah. Kalian bisa, pasti bisa.

Nah yang akan minbot sebarkan saat ini bukan buat kalian yang skripsinya sudah mau selesai atau tinggal ambil data ya. Kita akan membahas judul skripsi.

Yaps. Tahap paling dasar banget buat kalian yang baru mau mulai ambil mata kuliah skripsi.

Skripsi merupakan salah satu mata kuliah setiap mahasiswa strata 1 (S1) yang harus dilewati untuk mencapai kelulusan (kecuali jalur khusus). Mata kuliah ini membebaskan mahasiswanya untuk mengembangkan pengetahuannya terkait perkuliahan di jurusannya masing-masing. Namun tetap saja, kita tidak bisa memaksakan project skripsi kita ketika dosen pembimbing tidak menyetujuinya. Bagi mahasiswa teknik, hal yang paling sering terjadi kenapa project kita ditolak adalah pembuatan alat yang kurang aplikatif, alat ketinggalan jaman, atau bahkan dengan alasan “sudah banyak yang neliti ini mas”. Kalian merasakan yang mana?

Internet of Things (IoT) tergolong teknologi baru yang dapat dikembangkan untuk berbagai bidang. Inilah yang membuat kita dapat menyarankan kalian untuk mengambil materi Internet of Things untuk project skripsi kalian. Sistem IoT merupakan sistem yang dapat melakukan monitoring dan controlling di manapun dan kapanpun dengan komunikasi melalui internet. Sistem IoT ini dapat diterapkan di berbagai bidang seperti bidang teknologi itu sendiri, bidang kesehatan, bidang industri, bidang transportasi, bidang kuliner, dan lainnya. Sehingga IoT ini akan sangat menarik jika kalian kembangkan ke arah tertentu yang lebih aplikatif dan mempermudah kinerja sistem lainnya.

Sekarang yang perlu kalian ketahui pertama adalah judul penelitian skripsi yang baik itu seperti apa? Perhatikan hal-hal berikut menurus Mardalis (1995).

 

Belajar Elektronika, Arduino, dan IoT step by step dengan bantuan tangga belajar? Daftar sekarang dan dapatkan PROMO

 

Judul yang Menarik Bagi Peneliti

Judul skripsi harus menarik bagi kalian sendiri. Kalian tidak harus langsung membuat judul. Ketika kalian masih mencari topik, carilah topik yang menarik minat kalian. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan skripsi cukup lama, jadi jangan sia-siakan waktu kalian pada skripsi yang tidak kalian sukai. Ketika kalian sudah masuk ke tulisan ini, pastinya sudah memiliki minat untuk mengembangkan IoT baik karena kita sudah yakin pasti bisa menyelesaikan project IoT ataupun kalian benar-benar ingin mengembangkannya untuk mendapatkan kebenaran ilmiah.

 

Judul mampu Dilaksanakan Peneliti

Bagi kalian yang sedang menggebu-gebu untuk menemukan judul skripsi yang epic. Perhatikan ini. Kalian harus yakin bahwa kalian bisa menyelesaikannya. Ketika sudah yakin untuk mengembangkan IoT, maka kalian minimal sudah memiliki pengetahuan dasar elektronika atau sistem kendali. Namun jika kalian belum benar-benar memahami IoT tapi sudah yakin sistem IoT dapat menyelesaikan permasalahan skripsi kalian, cobalah untuk menggunakan jasa dengan catatan kalian harus paham sistemnya dan skripsi kalian bukan bertujuan pembuatan alat (RnD)) tapi lebih ke penerapannya saja. Jika kalian mahasiswa teknik dengan ilmu yang selaras dengan IoT, gunakan jasa konsultasi saja ya. Agar benar-benar paham dengan project kalian.

 

baca juga: Ide Project IoT untuk Skripsi Tanpa Ribet

 

Judul Mengandung Kegunaan dan Penting

Buatlah judul yang sesuai kebutuhan saat ini, berguna dan penting. Pada bagian ini biasanya yang jadi pertimbangan dosen pembimbing kalian. Carilah alasan yang tepat kenapa judul ini yang kalian pilih. Jika kalian sudah memilih Iot sebagai sistem yang digunakan, tentukan untuk apa sistem IoT ini di masa sekarang atau masa yang akan datang.

 

Judul Memiliki Data yang Cukup

Data yang cukup akan menguatkan pengetahuan dan dapat memastikan pada dosen kita bahwa kita bisa menyelesaikannya. Data ini mencakup konsep dasar, tutorial, atau lainnya yang akan mendukung skripsi kita. Carilah tutorial-tutorial yang sesuai dengan sistem IoT yang kalian gunakan.

 

Hindari Duplikasi

Hindari duplikasi judul dengan mahasiswa lainnya. Apalagi dengan judul skripsi yang sudah ada di jurnal atau hanya di internet. Kalian dapat memodifikasinya dengan mengganti beberapa bagian atau memperjelas perbedaannya.

 

baca juga: Tahapan Pengerjaan Project IoT untuk Skripsi Cepat Selesai

 

Dari penjelasan di atas, kita dapat memodifikasi berbagai judul skripsi agar berbeda dengan sebelumnya dan dapat dijadikan sebagai skripsi kita. Contoh judul skripsi kali ini adalah sebagai berikut.

“Sistem monitoring suhu jarak jauh berbasis internet of things menggunakan Platform Thingspeak”

Hal yang dapat kalian modifikasi adalah bagian-bagian berikut.

  1. Hal yang akan dimonitoring dapat kita ubah dari suhu menjadi kualitas udara, kelembaban, pH air atau yang lainnya. Kalian juga dapat menambahkan apa yang mau di monitoring asal selaras, misalnya suhu dengan kelembaban ruangan. Suhu dengan kualitas udara atau yang lainnya.
  2. Monitoring dapat digabungkan dengan controlling, di mana kita dapat melakukan monitoring sekaligus dapat menjalankan sistem ketika sensor tidak berjalan dengan baik. Bisa juga dengan mengembangkan ke arah otomatisasi untuk menghindari kerusakan sistem. Contohnya monitoring dan controlling suhu ruangan.
  3. Mengubah Platform. Tenang saja, masih banyak sekali platform gratis yang dapat kalian gunakan untuk dikembangkan ke arah IoT. Contohnya seperti Blynk, Arduino IoT Cloud, Antares, Mosquito, Firebase, dan masih banyak lagi.
  4. Tambahkan mikrokontroler. Namun harus yang tidak biasa ya, karena sudah sering sekali mendengar arduino, kalian dapat menggunakan NodeMCU ESP8266, Rasberry, ESP32, LoRa, atau yang lainnya. Jika menggunakan contoh di atas, bisa ditambahkan di bagian setelah menggunakan. Misalnya . . . . menggunakan NodeMCU ESP8266 dan Platform Thingspeak.
  5. Terakhir banget, tambahkan hal-hal yang berbau rumit dan keren. Ini worth it banget. Contohnya ketika kalian ingin menambahkan nama sensor, dari pada menuliskan Sensor suhu, kalian dapat menggantinya dengan DHT11. Begitu juga yang lainnya. Sifat dari teknologi itu harus keren. hehe

 

baca juga: IoT Pertanian : Monitoring Kualitas tanah di Kebun Teh dengan Sensor Soil Moisture dan pH Tanah dengan Blynk

 

Nah itu yang bisa minbot sampaikan untuk skripsi kalian. Semuanya nanti akan kembali pada penilaian dosen pembimbing kalian ya gaes. Tetaplah mencari judul yang kalian sukai ya.

Bagaimana? sudah cukup terinspirasi untuk membuat skripsi di bidang IoT? Yuk kembangin terus kemampuan kita di bidang teknologi masa depan, khususnya untuk kalian mahasiswa teknik yang alatnya tidak pernah berhenti berkembang. Semangat! 

Mau belajar elektronika dasar? Arduino? atau Internet of Things? Ikuti kursus online Indobot Academy!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp