Tips Lolos MSIB Kampus Merdeka! Simak baik-baik!

Indobot Update

Tips Lolos MSIB Kampus Merdeka
Tips Lolos MSIB Kampus Merdeka

Lapangan pekerjaan yang semakin banyak diminati oleh freshgraduate menjadikan mereka sangat bersaing untuk melamar pekerjaan. Sulitnya mencari pekerjaan tersebut dapat diatasi dengan cara mengikuti MSIB Kampus Merdeka untuk meningkatkan kualitasmu sejak masih menjadi mahasiswa. Di antara banyak kesempatan magang di luar sana, program Magang Kampus Merdeka merupakan salah satu pilihan yang paling menaik yang perlu Fanbot pertimbangkan nih!

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Harus Mengikuti Program Digital Talent Kominfo

Apa itu MSIB Kampus Merdeka?

Kampus Merdeka adalah satuan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan berkarir pada mahasiswa. Masih merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka menyediakan berbagai pilihan program dimana mahasiswa berkesempatan mendapat pengembangan ilmu dan keterampilan, yang mana akan berguna saat mereka mulai memasuki dunia kerja nantinya.

Di antara berbagai program yang tersedia, salah satunya adalah program Magang Merdeka. Kurang lebih, program ini tidak jauh berbeda dengan internship pada umumnya. Mahasiswa akan mendapat pelatihan keterampilan praktis dan diajarkan caranya mengaplikasikan ilmu mereka di dalam praktek kerja sehari-hari. Durasi magang pun bervariasi antara 1-3 semester.

Tips Agar Lolos Magang Kampus Merdeka

Karena seleksi yang ketat dan banyaknya pesaing, tentunya tidak mudah lolos seleksi program magang Kampus Merdeka. Namun, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dengan tips berikut:

Tentukan minat Anda

Tujuan utama dari program magang ini adalah untuk mempersiapkan Anda berkarir setelah lulus. Oleh karena itu, magang yang Anda lamar harus sesuai dengan karir yang Anda minati. Ini sebenarnya bukan masalah besar jika Anda masih tidak yakin bidang mana yang Anda inginkan. Semakin cepat Anda dapat menentukan arah profesional Anda, semakin mudah dan efisien prosesnya.

Buat resume yang efektif

Kualitas CV memiliki pengaruh besar pada langkah pertama menuju wirausaha, yaitu. H. pemilihan administrasi. Itu mungkin terdengar sepele. Namun, kenyataannya banyak siswa yang gagal hanya karena resume mereka tidak sesuai. Idealnya, resume harus ringkas, to the point, tetapi sangat jelas dan teratur. Format resume harus enak dipandang, namun pemilihan desain dan warna juga tidak boleh terlalu mencolok.

Aktif dalam organisasi

Perusahaan lebih memilih magang dengan pengalaman organisasi aktif. Karena siswa ini memahami konsep bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, berkomunikasi dan berintegrasi. Pengalaman berorganisasi juga menunjukkan bahwa mahasiswa mampu membagi waktunya antara kuliah dan kuliah di luar.

Asah soft skill

Pada dasarnya, magang adalah peluang yang sangat bagus untuk mengembangkan soft skill. Sulit untuk mendapatkan magang jika Anda tidak memiliki setidaknya keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Kedua keterampilan tersebut dapat di asah di kampus baik melalui perkuliahan maupun kegiatan organisasi. Pekerjaan sampingan atau pekerjaan lepas juga bisa memberi Anda kesempatan untuk mempelajari hal-hal tersebut.

Jangan mengandalkan aplikasi

Pihak Administrasi Kampus Merdeka tidak membatasi berapa banyak magang yang dapat dilamar oleh setiap mahasiswa. Tingkatkan peluang Anda dengan melamar ke beberapa perusahaan sekaligus. Jika gagal mendapatkan pekerjaan, Anda bisa mencoba peruntungan di program magang perusahaan lain. 6. Tahu perusahaan

Tidak masalah berapa banyak perusahaan yang Anda lamar, tidak masalah selama Anda benar-benar memahami perusahaan seperti apa itu. Ini akan sangat berguna saat Anda menjalani wawancara nanti. Selain memahami seluk-beluk bisnis, akan jauh lebih baik jika Anda juga mengetahui budaya perusahaan. Dengan begitu Anda tidak merasa terjebak dalam budaya perusahaan yang menurut Anda tidak cocok untuk Anda. Magang Kampus Merdeka adalah peluang besar untuk meningkatkan nilai jual Anda setelah lulus. Jadi manfaatkan kesempatan ini. Nanti, saat menjalani magang Kampus Merdeka, ingatlah untuk melakukan yang terbaik dalam program tersebut. 

Tips lolos tersebut tentunya harus di imbangi dengan kemauan belajar dari Fanbot yang tinggi. Fanbot juga bisa untuk masuk ke dalam waiting list MSIB Batch 5 tahun 2023 loh! Jadi, Fanbot tidak perlu khawatir untuk tidak lolos. 

Indobot Academy akan hadir sebagai waiting list MSIB Batch 5 loh!

Kapan Pelaksanaan Studi Independent Bersertifikat di Indobot Academy?

Studi Independen merupakan program yang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para Mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, namun tetap di akui sebagai bagian dari perkuliahan. Disini Fanbot bisa mengkonversi hasil SIB selama bergabung di Indobot Academy menjadi SKS di kampus Fanbot.

Untuk kegiatan pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka dan untuk waktu dapat dilakukan secara fleksibel (live session hanya dilakukan 3 kali dalam 1 minggu dengan durasi 2-3 jam), dan record materi dapat di akses melalui LMS Indobot Academy.

Pelaksanaan akan dilaksanakan bulan Agustus hingga Desember 2023, dengan catatan Fanbot dapat mengikuti kegiatan ini setelah mengisi waiting list dan dinyatakan lulus program Studi Independent Bersertifikat Kampus Merdeka.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp