Contoh Surat Lamaran Job Fair

Indobot Update

Contoh surat lamaran job fair
Contoh surat lamaran job fair

Mengikuti job fair merupakan salah satu metode yang efektif untuk mendapatkan pekerjaan karena memungkinkan Anda untuk mengirim surat lamaran secara langsung. Namun, bagaimana cara menulis surat lamaran untuk job fair ketika Anda belum mengetahui posisi yang akan di lamar? Jika Anda merasa bingung, KitaLulus akan memberikan penjelasan mengenai contoh surat lamaran kerja.

Selain contoh surat lamaran kerja job fair, KitaLulus juga akan memberikan tips dalam membuat surat lamaran secara efektif yang dapat di gunakan untuk melamar berbagai posisi yang tersedia selama job fair. Mari kita ikuti penjelasan ini dengan runtut dari awal hingga akhir!

Cara Membuat Surat Lamaran Job Fair

Melamar kerja dalam job fair berbeda dengan melamar kerja melalui internet. Pasalnya, Anda tidak akan tahu perusahaan mana yang akan melirik surat lamaran Anda. Oleh karena itu, untuk memastikan surat lamaran Anda di pilih oleh para perekrut dalam job fair, berikut adalah cara membuatnya:

Baca Juga Cara Membuat CV ATS Friendly

1. Perhatikan Tempat dan Waktu Pelaksanaan Job Fair

Tips pertama yang perlu di perhatikan saat membuat surat lamaran kerja adalah mengetahui waktu dan tempat pelaksanaannya agar Anda dapat menyesuaikan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja.

2. Kosongkan Informasi yang Belum Pasti

Meskipun Anda dapat melihat lowongan pekerjaan yang tersedia di situs perusahaan yang mengikuti job fair, informasi tersebut mungkin belum pasti karena umumnya posisi yang di cari adalah posisi yang mendesak dan harus segera di isi. Oleh karena itu, daripada membuat banyak surat lamaran kerja sesuai dengan posisi dan perusahaan yang Anda lamar, lebih baik berikan ruang kosong untuk informasi yang harus Anda sesuaikan, seperti nama posisi, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan sebagainya.

3. Tulis Data Diri dengan Jelas

Data diri seperti nama, pendidikan terakhir, dan kontak harus di tulis dengan jelas. Hal ini penting karena saat Anda menyerahkan surat lamaran, biasanya antreannya cukup panjang, dan pihak perusahaan akan menghubungi Anda dalam waktu satu atau dua jam. Agar tidak kehilangan kesempatan karena kesalahan penulisan kontak, sebaiknya periksa dengan baik sebelum menyerahkan surat lamaran.

Baca Juga Daftar Website Freelancer untuk Dapet Cuan

4. Jelaskan Kemampuan dan Pengalaman yang Relevan

Surat lamaran kerja memiliki keterbatasan ruang untuk menjelaskan tentang diri Anda. Namun, Anda dapat memilih pengalaman dan kemampuan yang relevan dengan posisi yang di lamar.

5. Tulis dengan Bahasa yang Formal, Padat, dan Jelas

Berkaitan dengan keterbatasan halaman dalam surat lamaran kerja, Anda harus menulis dengan singkat, padat, dan jelas. Selain itu, yang paling penting adalah menggunakan bahasa formal. Pastikan tidak ada penggunaan bahasa informal atau gaul yang tidak di sengaja dalam surat

STRUKTUR SURAT LAMARAN JOB FAIR

Struktur surat lamaran kerja untuk job fair umumnya mengikuti struktur yang sama dengan surat lamaran pada umumnya. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur surat lamaran kerja job fair:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat biasanya ditulis di bagian paling kanan atau kiri atas surat. Tuliskan nama kota tempat job fair dilaksanakan dan tanggal pelaksanaan job fair. Pisahkan nama tempat dan tanggal dengan tanda koma.

2. Perihal dan Lampiran

Perihal ditulis sebagai “Surat Lamaran Kerja” dan tambahkan posisi yang ingin Anda lamar. Nama posisi dapat ditulis secara manual saat Anda sudah yakin akan melamar posisi tersebut. Bagian lampiran diisi dengan jumlah berkas yang Anda bawa.

3. Alamat Tujuan Surat

Khusus untuk alamat tujuan surat, kosongkan dan beri garis bawah untuk menulis secara manual sesuai dengan nama perusahaan yang Anda lamar. Anda dapat menuliskannya dengan “Yth. Bapak/Ibu ______”.

Baca Juga Cara Membuat Desain CV Lamaran Kerja Online Gratis

4. Salam Pembuka

Struktur surat lamaran kerja job fair selanjutnya adalah salam pembuka. Gunakan salam pembuka yang netral, misalnya “Dengan hormat,”.

5. Paragraf Pembuka

Setelah salam pembuka, tulis paragraf pembuka yang berisi informasi tentang dari mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Sebagai contoh:

“Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya peroleh dari job fair (sebutkan nama job fair) di (sebutkan lokasi) pada (sebutkan tanggal pelaksanaan), saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai ____________ di perusahaan Bapak/Ibu.”

Jika berlangsung lebih dari satu hari, cukup tuliskan tanggal kunjungan Anda.

6. Data Diri

Bagian ini berisi data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat domisili, dan kontak yang dapat dihubungi.

7. Paragraf Isi

Pada contoh surat lamaran kerja, paragraf isi akan serupa dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Jelaskan pengalaman kerja atau organisasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan terlalu bertele-tele, cukup jelaskan yang mendukung posisi yang Anda lamar dengan dua kalimat atau dua baris saja.

8. Detail Lampiran

Karena Anda tidak tahu persyaratan yang di perlukan untuk melamar pekerjaan, bawalah berkas-berkas yang umum diperlukan. Beberapa berkas yang dapat Anda bawa antara lain fotokopi KTP, sertifikat penghargaan jika ada, legalisir ijazah, legalisir transkrip nilai, pas foto 3×4 terbaru, daftar riwayat hidup atau CV, dan portofolio. Tuliskan daftar lampiran dengan sistem penomoran berurutan.

9. Paragraf Penutup

Paragraf penutup surat lamaran kerja berisi ucapan terima kasih kepada pihak HRD atau yang mewakili perusahaan

Nah itulah contoh surat lamaran yang bisa fanbot ikuti

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp