Dukung Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom,

Indobot Update

 

Kerja sama antara Indobot dengan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Bapak Arif Muhamadi, S. Pd selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Jatinom dan pimpinan dari Indobot, Bapak Oby Zamisyak, S. Pd pada 25 Mei 2022.

Penyerahan Mesin Laser Cutting kepada smk

Sebagai salah bentuk kerja sama dan dukungan pembelajaran di  SMK Muhammadiyah 2 Jatinom. Indobot menyerahkan  ebagai hadiah agar bisa berfungsi untuk mendukung pembelajaran. Serah terima mesin laser ini terlaksana setelah selesai perjanjian kerja sama/MoU antara Indobot dengan SMK Muhammadiyah 2 Jatinom (25/05).

Mesin Laser Cutting ini diserahkan dengan tujuan  untuk meningkatkan kualitas media-media pembelajaran yang nantinya bisa digunakan oleh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Jatinom.

Mesin Laser Cutting

Adalah mesin pemotongan material menggunakan teknologi sinar laser dengan hasil potongan yang lebih presisi, akurat secara dimensi dan jauh lebih rapi. Teknologi sinar laser mampu memotong material karena memiliki energi yang cukup tinggi sehingga membuat benda yang terkena sinar laser itu terpotong, terbelah, meleleh atau bahkan terbakar.

Teknik pemotongan menggunakan mesin laser juga bisa digunakan di berbagai material baik metal maupun non metal. Contoh material non metal adalah seperti akrilik, kayu, leather, MDF, plastik, gabus, polyester, cardboard dsb. Sementara untuk material laser cutting metal bisa digunakan untuk carbon steel, stainless steel, tembaga, alumunium, kuningan, dan sebagainya.

Cara Kerja Mesin Laser Cutting

Pada dasarnya, cara kerja laser cutting sangatlah sederhana, dimana ketika desain pola telah diinput dan material sudah diletakkan dengan benar, maka otomatis laser cutting akan bekerja dengan sendirinya.

Menggunakan komputer sebagai kontrol dengan kekuatan laser yang tinggi. Membuat kemungkinan meleset akan jauh lebih kecil jika daripada pemotongan secara manual.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Keuntungan Mesin Laser Cutting

Dengan mesin laser ini untuk pembelajaran sekolah, terdapat beberapa keuntungan  yang bisa kita dapatkan, sebagai berikut :

Pemotongan Dengan Tingkat Akurasi Yang Tinggi

Teknologi mesin laser akan melakukan pengaturan dan pengukuran terlebih dahulu sebelum memasuki proses pemotongan material. Hal ini tentunya dapat memudahkan siswa untuk mengikuti setiap pola. Maka dari itu, setiap lekukan akan terpotong secara presisi dengan tingkat akurasi yang tinggi berkat pancaran dari sinar lase.

Mampu Memotong Berbagai Jenis Material

Seperti sebelumnya, bahwa mesin laser mampu memotong berbagai jenis material, baik metal maupun non metal. Mesin laser memang sangat efektif karena guru tidak perlu membeli mesin atau teknologi baru untuk melakukan pemotongan pada material yang berbeda.

Proses Yang Lebih Cepat

Serumit apapun pola potongan material, maka mesin laser mampu mengatasi semua permasalahan tersebut. Mesin laser dapat memberikan nilai plus, karena  siswa tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pemotongan material dengan pola yang rumit.

Baca juga :Ide Project IoT Untuk Pemula

Harapan Bersama

Bersamaan dengan penyerahan mesin laser cutting ini, harapannya, mesin laser cutting dapat mendukung pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, sehingga siswa dapat menambah skill dan pengetahuan tentang mesin laser, serta dapat lebih mudah membuat media pembelajaran lain melalui mesin cutting laser ini.

Indobot sangat terbuka bagi instansi maupun industri yang ingin berkolaborasi atau kerjasama khususnya di bidang elektronika, arduino, maupun IoT. Informasi mengenai kerjasama bisa menghubungi kontak public relations (PR) Indobot Academy.

Jika kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp whatsapp