Para Dosen Prodi Matematika FKIP UNEJ Melaksanakan Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Internet of Things bersama Indobot Academy

Indobot Academy

Seiring berkembangnya waktu, persaingan dunia kerja semakin ketat. Tentunya membutuhkan keahlian tambahan yang banyak di butuhkan perusahaan. Salah satu caranya adalah mendapatkan sertifikasi BNSP kompetensi. Dengan mendapatkan sertifikasi di harapkan dapat menjamin sumber daya manusia yang memiliki skill dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan industri (link & match).

Sertifikasi BNSP merupakan standar kompetensi profesi paling kredibel di Indonesia, bahkan sudah di akui juga di level regional dan internasional. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga independen yang di bentuk pemerintahan yang bertugas untuk menetapkan standar dan sertifikasi profesi bagi tenaga kerja di Indonesia. Sementara, sertifikasi BNSP merupakan bukti bahwa tenaga kerja terkait telah memiliki kemampuan yang memenuhi standar kompetensi pada bidangnya. 

Nah, topik yang sedang hangat saat ini adalah Internet of Things. Meningkatnya penggunaan teknologi ini karena dapat membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu pekerjaan. Teknologi Internet of Things (IoT) merupakan sistem yang mengandalkan internet untuk melakukan monitoring dan controlling secara nirkabel kapanpun dan di manapun. Teknologi ini dapat di terapkan di berbagai bidang seperti bidang industri, transportasi, pemasaran, dan ada banyak lagi.

Penggunaan IoT membutuhkan gabungan dari beberapa perangkat. Mulai dari perangkat dasarnya yaitu kontroler, cloud, internet, dan interface. Tambahan lainnya adalah seperti sensor, aktuator, dan indikator. Berbagai device tersebut kemudian dapat di hubungkan dengan koneksi internet untuk saling berkomunikasi.

Pelatihan Internet of Things

Internet of Things (IoT) di prediksi akan menjadi salah satu teknologi masa depan yang melengkapi segala bidang dan teknologi yang akan di butuhkan. Oleh karena itu, pentingnya kita belajar tentang Internet of Things. Indobot Academy banyak mengadakan Program Pelatihan tentang Internet of Things yang bisa di ikuti. Salah satunya program “Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Internet of Things untuk Para Tenaga Profesional”.

Pada hari Jumat, 21 Oktober 2022 sampai dengan Sabtu, 22 Oktober 2022 Indobot Academy telah mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi BNSP tentang Internet of Things secara offline. Pelatihan ini di laksanakan di Gedung Dekanat FKIP UNEJ Prodi Matematika, Jl. Kalimantan No.37, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. Kegiatan utamanya yaitu penyampaian materi tentang Internet of Things (IoT). Kegiatan tersebut telah di ikuti oleh 7 peserta bersama seorang tutor Indobot Academy yaitu Bapak Muhlisun Nur Hidayat yang telah memberikan materi secara langsung. Selain diberikan teori, peserta pelatihan juga diberikan sebuah project yang sudah disediakan oleh tim Indobot Academy. 

Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi

– Day 1 – Pelatihan IoT

Setiap peserta mendapatkan pelatihan IoT secara tatap muka fullday. Kemudian peserta mendapatkan modul pembelajaran dan Kit untuk mengerjakan project-project pembelajaran. Selain itu, juga mendapatkan akses online course di platform indobot.co.id yang nantinya setelah pelatihan selesai peserta tetap dapat mengakses materi. Pelatihan ini berbasis SKKNI IoT 2020.

– Day 2 – Sertifikasi BNSP

Setelah melakukan pelatihan IoT pada hari pertama. Di hari kedua, melakukan ujian sertifikasi BNSP Internet of Things yang sudah dipelajari. Materi uji yang digunakan sudah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Selanjutnya, proses Sertifikasi dilakukan oleh Asesor. Para peserta yang lolos uji, mendapatkan sertifikasi BNSP.

Tujuan Mengadakan Pelatihan 

Tujuan program pelatihan ini dilaksanakan untuk mendapatkan wawasan dan keterampilan dalam bidang Internet of Things (IoT).  Saat mengikuti Program Pelatihan ini, peserta juga mendapatkan sertifikasi BNSP. Perlu diketahui bahwa sertifikasi BNSP juga sangat penting dan banyak dicari. Apabila memiliki sertifikat kompetensi BNSP, kemampuan Anda bisa diakui secara global dan hal itu membuat Anda bisa mengembangkan kemampuan jauh lebih tinggi lagi. Bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafit pun terbuka, sebab dinilai lebih unggul berkat sertifikasi tersebut.

Manfaat Mengikuti Sertifikasi BNSP?

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan yang Di miliki
    Bagi yang masih fresh graduate, sertifikasi ini cocok untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika melamar pekerjaan. Untuk karyawan tetap yang mengikuti sertifikasi BNSP, meningkatkan rasa percaya diri saat menjalankan tugas yang di amanahkan kantor.
  • Mampu Mengetahui Tingkat Kemampuan Masing-Masing
    Bisa mengukur tingkat kemampuan dalam bidang IoT. Dari hasil ujian, mengetahui sejauh mana kecakapan yang di miliki, sehingga bisa menilai sendiri apa yang perlu di tingkatkan.
  • Membantu Meningkatkan Akses dalam Mengembangkan Diri
    Mengembangkan kemampuan jauh lebih tinggi, bahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan bonafit pun terbuka.
  • Lebih Mudah bagi Perusahaan untuk Menyaring Calon Karyawan yang Kompeten
    Perusahaan menjadi lebih mudah dalam menyaring calon karyawan yang kompeten sesuai dengan indikator kompetensi karyawan. Selain itu, karyawan juga mengenal lebih dalam terkait bidang kerjanya.
  • Produktivitas Kerja Meningkat
    Dengan mengikuti program ini, bisa meningkatkan produktivitas kerja menjadi seorang profesional. Pelatihan yang di lakukan bermanfaat untuk memberikan pengetahuan mengenai standar pekerjaan yang paling baik. Dari kacamata perusahaan, dengan memiliki staf yang teruji oleh lembaga profesional, pastinya memiliki produktivitas kerja yang bisa di andalkan. Oleh karena itu, memberikan benefit untuk perusahaan.

 

Jika anda tertarik juga untuk mengikuti uji kompetensi dan sertifikasi Internet of Things, silahkan hubungi kami melalui link : https://wa.me/6285731636408

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

whatsapp