Perbedaan Magang Merdeka dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka

Indobot Academy

magang merdeka dan studi independent bersertifikat

Fanbot yang masih kuliah tentu tidak asing dengan Magang Merdeka dan Studi Independent Bersertifikat dari Kampus Merdeka bukan? Program pendidikan tinggi yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. Dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia ini di mulai sejak tahun 2019 dengan nama Kampus Merdeka. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk memilih dan mengatur kurikulum mereka sendiri sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

[lwptoc]

Program Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah yang relevan dengan minat mereka, baik di dalam maupun di luar perguruan tinggi, serta memberikan fleksibilitas dalam memilih bentuk pembelajaran seperti praktikum, magang, atau kuliah umum. Dengan demikian, program ini di harapkan dapat meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia.

Setiap program memiliki perbedaan dan fungsi masing-masing meski demikian ada juga lho persamaannya, antara lain peserta program adalah mahasiswa, mendapatkan uang saku dari pemerintah, serta harus mengerjakan laporan akhir di akhir pelaksanaan program sebagai bentuk tanggung jawab.

Yuk Fanbot kenali kedua program menarik dari Kampus Merdeka ini lebih lanjut

Magang Merdeka

Magang Bersertifikat Merdeka adalah program magang yang di canangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia sebagai bagian dari program Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman magang yang berkualitas bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia agar mereka dapat memperoleh keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi mereka dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Tujuan Magang Merdeka

mahasiswa magang merdeka

Program Magang Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih tempat magang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Mahasiswa juga di berikan kebebasan untuk menentukan fokus dan tujuan magang mereka, dan program ini juga memberikan akses ke mentor dan pelatihan profesional untuk mendukung perkembangan mereka selama magang.

Baca Juga Segera Hadir Program Kampus Merdeka Indobot

Lama Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan Magang Merdeka adalah selama 1 hingga 3 Semester, dapat di ikuti oleh mahasiswa semester 7 ke atas dengan timeline pelaksanaan mengikuti kalender yang terdapat pada website kampus merdeka.

Benefit Yang Didapatkan

Selain itu, program Magang Merdeka juga memberikan dukungan keuangan berupa biaya transportasi dan biaya hidup selama magang, serta asuransi kesehatan bagi peserta. Program ini bertujuan untuk memperluas jaringan dan pengalaman mahasiswa serta meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia.

Berapa Gaji Magang Merdeka?

Mahasiswa yang mengikuti Magang Merdeka tidak menerima gaji magang melainkan uang saku dari Kementerian sebesar Rp. 2.8 juta rupiah per bulan, selain itu peserta juga mendapatkan akomodasi berupa tiket untuk pulang pergi ke lokasi magang mereka.

Dengan adanya program Magang Merdeka ini, di harapkan bahwa mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia akan lebih siap untuk memasuki dunia kerja dan memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi mereka, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia.

Studi Independent Bersertifikat

Studi independent bersertifikat adalah sebuah program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada individu untuk belajar dan mengembangkan keterampilan di luar sistem pendidikan formal. Program ini biasanya di lakukan secara mandiri oleh individu yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu, dan dapat di lakukan di  berbagai tempat seperti rumah, kantor, atau tempat umum lainnya.

Tujuan Program Studi Independent Bersertifikat

Program studi independent bersertifikat bertujuan memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk belajar secara nonformal dari institusi di luar kampus mereka belajar agar mendapatkan ilmu dan wawasan yang sesuai dengan bidang kerja mereka nantinya.

Benefit Studi Independent Kampus Merdeka

Program studi independent bersertifikat ini memberikan sertifikat sebagai pengakuan atas pencapaian yang telah di capai oleh peserta dalam mempelajari topik tertentu. Sertifikat tersebut dapat menjadi bukti keterampilan atau kemampuan yang di miliki oleh peserta kepada pihak lain, seperti atasan atau institusi pendidikan.

Baca Juga Kegiatan Mahasiswa Studi Independent di Indobot Academy

Berapa Uang Saku Mahasiswa MSIB?

studi independent bersertifikat

Mahasiswa SIB mendapat uang saku Rp. 1,2 juta per bulan. Nilainya memang lebih kecil dibanding peserta Magang Merdeka. Karena mereka tidak perlu menanggung biaya hidup di kota tujuan seperti mahasiswa magang.

Teknis Pembelajaran

Studi independent bersertifikat dapat di lakukan melalui berbagai macam media pembelajaran, termasuk buku, video, dan kursus online. Peserta juga dapat memilih program yang di sesuaikan dengan jadwal dan tingkat kebutuhan belajar mereka. Dengan demikian, program studi independent bersertifikat dapat menjadi alternatif bagi individu yang ingin memperdalam pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu, namun tidak dapat mengikuti program pendidikan formal secara penuh waktu.

Nah buat kalian yang ingin magang atau mengikuti studi independent bersertifikat juga bisa terus memantau blog Indobo. Karena kami dalam waktu dekat akan mengumumkan program ini untuk Fanbot! Yuk gabung di Indobot agar kamu gak ketinggalan berita terbaru seputar Kampus Merdeka dan Internet of Things

Perbedaan Magang Merdeka dan Studi Independent Bersertifikat

Magang Merdeka dan Studi Independent Bersertifikat merupakan dua program pendidikan non-formal yang memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut adalah perbandingan antara kedua program tersebut:

Tujuan Program

Tujuan Magang Merdeka adalah memberikan pengalaman magang yang berkualitas bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia agar mereka dapat memperoleh keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi mereka dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Sementara itu, tujuan Studi Independent Bersertifikat adalah memberikan kesempatan kepada individu untuk belajar dan mengembangkan keterampilan di luar sistem pendidikan formal.

Fokus Program

Magang Merdeka lebih fokus pada pengalaman magang dan pengembangan keterampilan praktis yang relevan dengan bidang studi mahasiswa. Sementara itu, Studi Independent Bersertifikat lebih fokus pada pembelajaran mandiri dan pengembangan keterampilan dalam bidang tertentu.

Bentuk Program

Magang Merdeka adalah program magang yang di lakukan di tempat kerja atau industri tertentu. Sedangkan Studi Independent Bersertifikat dapat dilakukan di berbagai tempat seperti rumah, kantor, atau tempat umum lainnya.

Durasi Program

Durasi Program Magang Merdeka memiliki durasi yang bervariasi tergantung pada kesepakatan antara mahasiswa dan tempat magang biasanya 1-3 semester. Sedangkan Studi Independent Bersertifikat lebih cepat dalam hal durasi yaitu berkisar 1 semester atau 16 minggu.

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp