Indobot- Digitalent Kominfo Tingkatkan Skill IoT bagi Tenaga Kerja Melalui Program DTS PROA Batch 2

Indobot Update

[lwptoc]

Digital Talent Scholarship (DTS)

Digitalent Kominfo. Digital Talent Scholarship (DTS) adalah program beasiswa pelatihan talenta digital oleh Kominfo RI yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan daya saing SDM di bidang teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

Salah satu program atau academy yang ada di DTS ialah program Professional Academy atau yang di kenal dengan singkatan DTS PROA.

Pelatihan Internet of Things (IoT) di Indobot menyediakan modul berbahasa Indonesia mulai dari dasar elektronika, Arduino, hingga IoT berbasis proyek (simulasi) yang di susun oleh tim Indobot Academy. 

Baca Juga : Belajar Mandiri IoT di Indobot Academy Bisa Dapat Sertifikat?

Metode Pembelajaran IoT

Dalam program Digitalent Kominfo, Pembelajaran IoT di Indobot Academy menggunakan metode Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL). Pelatihan di lengkapi dengan sesi webinar, live praktikum, dan group discussion sehingga para peserta yang mengalami kesulitan akan dapat di bantu oleh para instruktur.

Program Digital Talent Scholarship (DTS) bidang Internet of Things di Indobot sudah berlangsung sejak 16 Mei dan telah di ikuti oleh 1.360 peserta. Dari 1.360 peserta di bagi menjadi 30 kelas yang diampu oleh 9 tutor profesional yang ada di indobot. Program ini di laksanakan selama 36 pertemuan yang akan berakhir di Bulan Agustus 2022.

Peserta Program DTS

Peserta program ini terdiri dari beragam profesi, mulai dari wirausahawan, pegawai lepas, pegawai paruh waktu, hingga pegawai negeri. Conothnya dosen pun turut ikut serta dalam program Digital Talent Scholarship ini.

Sepanjang kelas yang sudah berjalan, peserta dan tutor sangat aktif untuk saling tanya jawab dan kehadiran semua peserta pun sangat baik. Ini membuktikan bahwa minat untuk belajar IoT sangat besar bagi peserta program DTS PROA.

Dapatkan akses ratusan video tutorial dan pembelajaran dengan registrasi melalui tombol di bawah!

Software Simulator

Di samping mengajarkan tentang teori, kelas IoT nantinya juga akan mengajarkan tentang simulasi atau praktek secara real time dengan para peserta. Software simulator yang akan di gunakan di antaranya adalah Wokwi Arduino dan ESP32 Simulator. Untuk mensimulasikan project Arduino, ESP32, dan banyak papan, suku cadang, dan sensor populer lainnya. Serta Thinkercad Circuits yang dapat membantu peserta untuk berpikir, berkreasi, dan membuat rangkaian elektronik

Selain simulator di atas, juga akan menggunakan beberapa platform IoT seperti Thingspeak, Antares, Mosquito, dan Thingsboard. Thingspeak merupakan suatu platform website yang biasanya di gunakan untuk suatu project dengan sistem Internet of Things (IoT), Antares adalah sebuah Horizontal IoT Platform, Mosquito merupakan sebuah broker MQTT open source, dan ThingsBoard yang merupakan platform IoT open-source untuk mengumpulkan data, pemrosesan, visualisasi data, dan manajemen perangkat device.

Dengan di laksanakannya pelatihan IoT berbasis project bersama Indobot dalam program DTS PROA batch 2 ini.  Di harapkan para peserta meningkat pengetahuan dan skillnya terutama di bidang IoT, serta bisa mengembangkan karir di dunia industri. Indobot ke depan akan terus mendukung dalam bentuk pelatihan IoT yang di butuhkan industri. Program terbaru akan di publikasikan melalui website dan sosial media Indobot Academy.

Jika kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp