Mengenal 8 Program Digitalent Scholarship

Indobot Academy

Program Digitalent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan digital yang di selenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia sejak tahun 2018. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang digital. Sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin cepat.

[lwptoc]

Program Digitalent menawarkan berbagai jenis pelatihan digital. Termasuk pelatihan untuk pemula yang ingin belajar dasar-dasar teknologi informasi dan komunikasi. Pelatihan untuk pengembang aplikasi dan game, pelatihan untuk profesional TI, dan pelatihan untuk pelaku usaha yang ingin memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka.

Selain pelatihan, program Digitalent juga menyediakan berbagai macam fasilitas seperti program mentoring dan akses ke komunitas digital. Yang dapat membantu para peserta dalam memperdalam pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang digital.

Sasaran 8 Program Digitalent Scholarship

Program Digital Talent Scholarship (DTS) dapat di ikuti oleh siapa saja yang berminat, baik itu mahasiswa, profesional, pelaku usaha, maupun masyarakat umum yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang digital. Selain itu, program ini juga memberikan sertifikasi yang dapat di akui oleh industri. Sehingga dapat meningkatkan peluang kerja atau memperoleh proyek di bidang digital.

digitalent scholarship

Tidak terlepas juga para wirausahawan dan pekerja profesional yang ingin melakukan alih profesi. Nah berikut adalah penjelasan Akademi yang ada pada DTS

Fresh Graduate Academy

Academy satu ini di fokuskan untuk para lulusan baru/fresh graduate perguruan tinggi yang kesulitan memperoleh pekerjaan. Dengan adanya Digitalent FGA ini di harapkan dapat menjembatani skill gap yang di miliki lulusan dengan kebutuhan industri yang ada saat ini.

Vocational School Graduate Academy

Vocational School Graduate Academy adalah program pelatihan intensif yang berbasis Standar Kompetensi Keahlian Nasional Indonesia (SKKNI). Untuk para lulusan pendidikan vokasi, mulai dari SMK, D3 dan juga D4 sarjana terapan.

Adapun Digitalent VSGA saat ini tersedia untuk beberapa bidang saja yang terkait dengan TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Multimedia dan Animasi. Program ini di tujukan untuk para lulusan vokasi yang belum memperoleh pekerjaan.

Talent Scouting Academy

Program satu ini di khususkan untuk mahasiswa aktif yang sejalan dengan Program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. TSA memberikan pelatihan luar kampus dengan orientasi berbasis project untuk mahasiswa yang ingin mengikuti Talent Scouting Academy. Menariknya kalian bisa memperoleh kesempatan mendapatkan sertifikasi global.

Baca Juga Perbedaan Magang Merdeka dan Studi Independent Kampus Merdeka

Dalam pelaksanaannya TSA bekerjasama dengan mitra dari perguruan tinggi. Perusahaan teknologi global serta perusahaan teknologi pendidikan nasional dalam menghadirkan pelatihan yang uptodate dengan kebutuhan dunia kerja.

Buat kalian yang tertarik mengikuti Digitalent TSA. Kalian harus melampirkan surat rekomendasi dari Kaprodi yang menyatakan kesediaan mengkonversi hasil program Digitalent satu ini menjadi SKS.

Profesional Academy

Digitalent Profesional Academy (Digitalent ProA) adalah jenis scholarship kominfo untuk masyarakat yang sudah bekerja maupun belum bekerja dalam upaya mempersiapkan alih kompetensi SDM di Indonesia melalui pelatihan dan sertifikasi.

DTS ProA di tujukan untuk memberikan peluang pada pekerja yang ingin melakukan reskilling dan upskilling kemampuan mereka di bidang TIK. Di tahun 2023 ini DTS ProA menargetkan 8000 peserta bisa bergabung di berbagai tema pelatihan seperti internet of things, network security, cloud computing, programming dan masih banyak lagi.

Pembelajaran Digitalent Scholarship Profesional Academy sendiri akan di laksanakan secara daring, dan kalian yang menyelesaikan pelatihan berhak mendapatkan sertifikat dari lembaga bersangkutan. Kalian bisa banget mengambil DTS ProA ini di Indobot Academy.

Baca Juga Indobot Academy Hadiri Pembukaan DTS ProA

Government Transformation Academy

Dari namanya, Fanbot tentu sudah bisa menebak kelompok masyarakat yang menjadi sasaran pelatihan ini. Yup program pengembangan SDM dari Kominfo ini memang di tujukan guna meningkatkan kemampuan para pegawai negeri sipil, ASN, Polri, TNI maupun P3K.

Para peserta pelatihan adalah mereka yang bekerja sebagai aparatur sipil negara, anggota TNI maupun Polri, jadi ini tidak bisa di ikuti oleh masyrakat umum ya! Terdapat 18 tema pelatihan di tahun 2023 ini

Digital Entrepreneurship Academy

Buat Fanbot yang memiliki jiwa wirausaha, sedang merintis atau sudah memiliki usaha, Digitalent Entrepreneurship Academy adalah pilihan tepat buat kamu. Digitalent DEA ini berupaya meningkatkan jumlah digitalpreneur di sektor Mikro, Kecil dan Menengah yang bekerjasama dengan mitra perusahaan teknologi global dan startup lokal.

Ada tiga jenis kelas pelatihan yang di siapkan yaitu kelas umum, kelas kuliner, kelas ibu rumah tangga untuk memperkuat woman empowering dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Digital Leadership Academy

Program Digital Leadership Academy mungkin sekilas mirip dengan Digitalent DEA. Yang membedakan adalah program pelatihan kominfo ini di khususkan untuk level pimpinan lembaga sektor publik. Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan leadership skill dan pelayanan publik. Pesertanya tentu saja adalah mereka yang menjadi pimpinan di  Lembaga, Kementerian, dan instansi lain yang berhubungan langsung dengan sektor publik.

Thematic Academy

Program Thematic Academy adalah program yang di khususkan Kominfo dalam Digitalent Scholarship untuk kalangan dan sektor yang spesifik saja. Sasaran program ini adalah kelompok masyarakat yang belum menjadi target dari 7 akademi lainnya.

Saat ini Thematic Academy memiliki 9 tema pelatihan di tahun 2023 antara lain, Metaverse, Pemasaran Digital untuk Pariwisata, Basic Cyber Security untuk SMA/SMK, Video Content Creator, Data Science untuk Guru SMA/SMK dan lain sebagainya.

Keuntungan Mengikuti Program Digital Talent Scholarship

Program Digitalent Scholarship selain memberikan beasiswa berupa program pelatihan pengembangan kompetensi digital kominfo ini juga memberikan uang saku untuk para peserta pelatihan.

Keahlian yang di dapatkan dari program DTS sendiri merupakan keahlian yang memiliki standar nasional, jadi tunggu apalagi. Segera amankan peluang kamu mengikuti Digitalent Scholarship ini di Indobot Academy.

 

 

Ingin Tahu Program Kami Lebih Lanjut?

Silahkan isi Formulir Dibawah Ini untuk Diskusi dengan Tim Indobot Academy.

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

whatsapp